Laman

12 September 2011

Penjelasan File ZIP dan RAR

ZIP adalah standar file data compression yang paling populer, diciptakan oleh Phil Katz dan diberi nama PKARC (Phil Katz Archive), berhubung ada bentrokan legalitas dari nama ARC maka PKARC dirubah menjadi PKZIP dan code extention akhirannya di beri code ZIP. Dengan data compression, ukuran data akan lebih kecil sehingga penggunaan media penyimpanan atau transfer data apa pun akan menjadi lebih efisien. File - file ZIP dapat dibuka atau di Extrack dengan berbagai macam software gratis (freeware) maupun software trial (shareware), sebagai contoh adalah software WinZip.
 Software Winzip dapat digunakan untuk membuka atau mengextrack file zip dan juga mampu melakukan proses data compression dengan standar file ZIP, saya juga menggunakan software tersebut untuk menangani file berextensi ZIP, untuk mendownload sobat bisa cari di search google .

Sedangkan untuk file RAR adalah standar file data compression yang diciptakan oleh Eugene Roshal, di beri nama sebagai Roshal Archive (RAR) dan file extention diakhiri dengan code RAR serta didukung dengan adanya fitur error recovery atau pemulihan kesalahan. Contoh software yang mendukung file RAR adalah WinRar.
WinRar merupakan software yang dapat membuka file extention berakhiran .zip dan .rar, untuk download sobat bisa cari di search google .

Prinsip dan cara kerja file data compression ZIP maupun RAR hampir sama, pebedaan yang saya tahu adalah dari Fle Data yang di compress. Untuk ZIP mampu mengcompres data hingga berukuran 2-3Giga menjadi 1 file data, sedangkan untuk RAR mampu mengcompress data menjadi 1 file dengan ukuran Unlimited. Mengcompress data menjadi rar terasa lebih lama dibanding zip dan password proteksi file rar lebih sulit di hack daripada file zip.

Semoga Pembahasan ZIP dan RAR dari saya dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi buat sobat online.

2 komentar:

  1. [f] Fixed Dump A fixed dump is a game that has been altered to work better on
    a flashcart or an emulator. Selling short is a strategy that investors us when they expect the market to drop.
    These ten family activities are sure to put smiles one everyone's faces.
    Here is my web page ... rar unzip download

    BalasHapus

Berlangganan artikel blog ini via email!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner